CARA INSTALASI REMIX OS MELALUI USB ATAU HDD SINGLE BOOT



Salam Rekan Mediaku, Inilah jawaban untuk pertanyaan agan tentang cara menginstal Remix OS. Saya menemukan berbagai cara untuk menginstal Sistem Operasi berbasis Linux yang indah ini. Ini termasuk cara dari situs resmi, serta cara lain yang mungkin belum dipaparkan sebelumnya.mudah-mudahan agan dapat mengikuti panduan ini.



Sebagian besar tutorial di luar sana, baik panduan tertulis atau video, biasanya mencakup cara resmi dan biasa untuk menginstal Remix OS di PC Desktop. Tapi dengan postingan saya kali ini, saya akan membahas berbagai metode instalasi Remix OS, termasuk Instalasi ke hard drive secara langsung, melalui USB, melalui VirtualBox, Dual-boot atau tipe instalasi Stand-alone.

ok langsung saja siapkan kopi dan rokoknya hehehe....Sabar dan baca panduan ini tahap demi tahap supaya instalasi Remix OS sukses. Saya sangat menyarankan agar Agan mengikuti panduan ini dengan baik.

Apa itu Remix OS?
Remix OS - adalah OS Android ™ untuk PC Desktop, yang mendukung metode booting. Agan juga bisa menjalankan OS pada perangkat ARM. Pada hari Sabtu, 03 Desember, 2016 - Remix OS dengan Version 3.0.207 didukung oleh Android ™ Marshmallow.
Dengan Sistem Operasi ini, Agan dapat menjalankan Aplikasi Android favorit Agan langsung di PC. Agan tidak perlu menginstal perangkat lunak atau emulator lain hanya untuk menjalankan aplikasi Android yang agan sukai.
Aplikasi game atau produktivitas, semuanya bisa berjalan di Desktop Agan. Tidak perlu perangkat lunak yang lamban dan berat (emulator) maaf jangan tersinggung, tapi begitulah yang saya rasakan untuk software ini.

Mengapa Agan Ingin Menggunakan OS ini?
Yah saya tidak mengatakan ini bagus untuk semua orang, tapi saya harus mengatakan bahwa Remix OS cepat dan efisien. Saya tidak memiliki angka atau skor benchmark, tapi bisa saya katakan bahwa OS ini cepat. Agan bisa menginstalnya pada PC lama yang usang dan tetap Agan bisa merasakan perbedaannya dibanding OS lain.
Saya sudah menguji ini pada Virtual Machine dengan memori 1GB, dan tetap saja OS ini responsif. Kecuali ketika saya meluncurkan beberapa Apps sekaligus, itu menjadi lamban dan hampir diam. Tentu itu karena kekurangan memori. Tapi yang ingin saya buktikan adalah, interface nya itu loh sangat responsif. Saya menggunakan OS Linuxmint yang saya gunakan setiap hari, dan biasanya saya melihat sedikit loading saat membuka Chrome, pengelola file Nemo dan beberapa Apps lain yang saya gunakan setiap hari.
Selain itu, mengapa Agan ingin menggunakan OS ini karena Google Play dong... Maksud saya ayolah ... Android memiliki ribuan Apps GRATIS yang Agan inginkan, dan Agan dapat menggunakan dan mendownloadnya di Remix OS. Nah Agan  bisa menjalankan game Android ini dengan sempurna di PC Agan, tentunya dengan layar lebih besar!
Dan jika Agan membandingkan Remix OS dengan alternatif lain (perangkat - perangkat yang mendukung Android), tetap saja itu hanya rayuan.
Pertimbangan kedua saya adalah kemudahan pemasangan dan penggunaan. Tidak seperti Windows, Agan bisa menggunakan OS ini tepat setelah menginstallnya. Agan tidak perlu menginstal driver tambahan atau softwares lainya hanya untuk menjalankan sistem operasinya.
Jika Agan membutuhkan aplikasi tambahan, cukup jalankan browser Chrome dan telusuri aplikasi yang Agan inginkan. Atau gunakan menu Google Play, seperti yang selalu Agan lakukan di Ponsel Agan, untuk mencari aplikasi favorit Agan.
Pertimbangan lain mengapa saya ingin menggunakan ini, adalah karena GRATIS. Ya itu! Tidak seperti Windows (membandingkan versi berbayar dan gratis), Agan harus memiliki lisensi untuk memasangnya yah meskipun, beberapa Apps tidak gratis, Terutama Apps premium dengan fitur "Pembelian Dalam Aplikasi". Namun Tidak terkecuali jika Agan seorang pembajak dan suka menggunakan salinan bajakan dari OS ini beserta malware / spyware yang terpasang didalamnya.
Agan benar-benar bisa menggunakan OS ini di lingkungan perusahaan seperti; Call Center, Kantor atau Institusi Pendidikan. Agan dapat mengatur ini pada perangkat ARM yang murah dan memasangnya di belakang layar LCD. Sudahkah Agan mempunyai salah satu dari perangkat itu? Sekarang, inilah bagian yang tidak terpisahkan dari tulisan ini.

Cara Resmi Instalasi Remix OS
Saya tahu cara ini telah ditulis beberapa kali dan diposkan di berbagai halaman web. Tapi ditutorial ini, saya akan membahasnya kembali dan harus dijelaskan step-by-step untuk membantu sesama newbe seperti saya di luar sana.

Catatan: Metode resmi memungkinkan Agan menempatkan Remix OS di hard disk Agan sebagai Dual-boot dengan Windows 7, Windows 8 atau Windows 10 dan pada USB 3.0 Flash Drive.

Jide Technology merekomendasikan USB 3.0 untuk performa yang lebih baik. USB 3.0 tampil lebih cepat dari USB 2.0 dalam hal kecepatan transfer (640MBps).

Saya bisa menjalankan Remix dengan 32GB dan 8GB tanpa masalah. Hanya saja, dibutuhkan beberapa saat untuk boot pertama (15-20 menit).
Untuk Instalasi Hard Disk - Berbasis Windows
Alat penginstal saat ini mendukung Windows 7, Windows 8 atau Windows 10, tidak ada dukungan Mac atau Linux. Dan Agan harus memiliki setidaknya 8GB ruang hard drive.

Catatan: Agan benar-benar tidak perlu membuat partisi terpisah atau hard drive khusus untuk cara pemasangan ini. Kenapa begitu? Karena Remix hanya akan menyalin file gambar ke folder di drive Windows C: Agan, bersama dengan file yang diperlukan di bagian lain drive. Cukup mudah untuk menginstal. Agan dapat dengan mudah menghapusnya nanti bila sudah tidak perlu.

Persyaratan Instalasi Remix OS
  1. 8GB USB Flash Drive untuk Instalasi USB sebanyak 2 Buah (bila tidak ada bisa pakai CD / DVD), untuk Instalasi Single-Boot
  2. 32GB Hard Drive Space untuk Instalasi berbasis Windows
  3. HDD khusus untuk instalasi single-boot Remix OS (atau buat partisi pada harddisc yang kosong)
  4. Hiren's Boot CD atau alat partisi yang Agan inginkan.



Step by step Instalasi Dual Boot
Langkah 1: Download dan Ekstrak Remix OS
Download paket disini langsung dari sumbernya dan ekstrak di tempat yang kosong di hard drive Agan.

Agan harus memastikan ada beberapa file setelah mengekstrak file zip. Dalam kasus saya, ini dia filenya:

  • How_to_launch_Remix_OS_for_PC.txt
  • Md5sum.txt
  • Remix_OS_for_PC_Android_M_64bit_B2016112101.iso
  • Remix_OS_for_PC_Installation_Tool-B2016080802.exe

Langkah 2: Jalankan Installer
Jalankan Remix_OS_for_PC_Installation_Tool-B2016080802.exe dan ikuti instruksi untuk menginstal Remix OS di hard drive PC Agan.

Agan bisa klik kanan pada file .exe dan pilih Run as administrator atau cukup klik dua kali file untuk menjalankannya, lalu pilih Yes pada dialog pop-up berikutnya. Agan sekarang harus melihat jendela Install Wizard, Agan harus browse ke file OS Remix OS, dan pilih Hard Disk for Type. Target drive bisa berupa C: (ya!) Atau partisi lain yang tidak terpakai pada hard drive Agan.

Jika Agan bertanya-tanya mengapa menginstal Remix OS di C: drive? Nah, dengan alat installer, aman untuk menginstal pada partisi yang sama dengan yang Windows pergunakan. Kenapa begitu? Karena Remix OS akan membuat folder untuk dirinya sendiri, untuk penggunaan eksklusifnya. Ini tidak akan menimpa salah satu file Windows atau menghapus partisi yang ada. Remix OS akan membuat sistem file virtual berupa file data.img. File ini harus berisi perangkat "Penyimpanan Internal" - yang muncul sebagai penyimpanan di perangkat Android. Jadi sangat aman untuk menggunakan drive C: asalkan Agan memiliki cukup ruang untuk Remix OS untuk digunakan. Agan bisa menggunakan perangkat penyimpanan 32GB, 16GB dan 8GB, pada pemasangannya nanti ada pilihannya.

Klik OK, dan Agan harus dapat memilih Ukuran Sistem Agan, tergantung pada ruang hard disk bebas Agan, Agan dapat memilih dari; Ukuran sistem 8, 16 atau 32GB. Jika Agan memiliki ruang yang cukup, pilih 32GB - yang merupakan fitur yang direkomendasikan. Klik OK lagi untuk memulai proses instalasi. Setelah selesai, Wizard akan meminta Agan untuk reboot.

Catatan: Agan sebenarnya bisa memilih C: drive, aman untuk melakukan itu, karena Remix OS akan menyalin file ke nama direktori RemixOS.

Langkah 3: Reboot PC Agan.
Untuk UEFI, tekan tombol khusus (F12 untuk Dell, F9 untuk HP, F12 untuk Lenovo, Option Key untuk MAC) saat boot untuk masuk ke menu booting dan pastikan Secure Boot dinonaktifkan.

Setelah Agan melewati bagian POST dari urutan booting, pastikan Agan melihat menu Windows Boot Manager seperti ini:

Langkah 4: Sekarang pilih Remix OS dan tekan tombol ENTER.
Agan sekarang harus melihat logo boot dengan latar belakang hitam dan teks putih. Ini mungkin memakan waktu cukup lama, tapi begitu Agan berhasil melewati layar ini, Agan akan diminta untuk memilih bahasa pilihan Agan. Lihat gambar di bawah ini.

Ikuti sisa prompt; Menyetujui Perjanjian Pengguna, Penyiapan WiFi (atau Lewati ini), tambahkan beberapa aplikasi favorit Agan, kemudian setujui Mengaktifkan Google Play.

Dan setelah itu! Agan sekarang dapat menginstal Remix OS di bersamaan Windows sebagai sistem dual-boot.

Prosesnya sangat sederhana dan tidak terlalu menantang kan? Ya kan!


Langkah-langkah Instalasi single Boot

Tapi bagaimana jika Agan ingin menggunakan Remix OS sebagai OS inti Agan, ini yang menjadi fokus pertanyaan Agan ...

Bagaimana cara menginstal OS Remix sebagai OS utama atau standalone saya?

Nah, Agan beruntung! Karena panduan ini benar-benar disertakan dalam posting ini. Baca terus hehehe.....

1. Untuk Instalasi boot dari USB - Berbasis Windows
Untuk menginstal Remix OS di USB Drive, cukup ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas. Cukup pilih USB drive sebagai Tipe Disk Agan, lalu pilih drive untuk USB.

Lihat gambar referensi di bawah ini.

2. Instalasi Single-Boot atau Standalone di HDD
Sebenarnya ini bukan panduan resmi untuk menginstal Remix OS ke harddisk tanpa Windows. Jide Technology merekomendasikan untuk menggunakan versi installer, yang memungkinkan Agan menginstal OS berdampingan dengan Windows 7, 8, atau 10. Tetapi jika Agan mau, mari kita mulai.

Ini untuk metode penginstalan single boot. Agan perlu menggunakan file .iso yang disertakan dengan file .zip yang telah didownload.

Persyaratan Boot Tunggal
  • Agan memerlukan HDD terpisah - atau lebih baik dari satu set PC lainnya.
  • Agan juga memerlukan perangkat lunak partisi pihak ke-3, Ini tidak perlu yang berbayar ada ko yang gratisan. Agan bisa mendownload yang gratis seperti Hiren's Boot CD dowload disini. Ini adalah live CD ISO yang bisa Agan gunakan untuk mempartisi / memformat hard disk Agan dalam persiapan untuk instalasi OS. Agan bisa menggunakan alat lain jika Agan mau.
  • Remix_OS_for_PC_Android_M_64bit_B2016112101.iso (atau yang terbaru) diburning ke CD/DVD. Tapi dalam panduan ini dan untuk menghindari masalah, silakan gunakan build ini (B2016112101) .
  • pada USB Drive juga bisa jika Agan tidak memiliki CD Burner. Gunakan Rufus untuk membuat boot dari USB.
  • PC dengan BIOS nya, saya masih menggunakan ini. Bagi pengguna UEFI, saya tidak yakin apakah panduan ini akan sesuai untuk Agan.

Langkah-Langkah instalasi
Jika Agan tidak lagi menggunakan CD / DVD Drives, Agan harus memiliki 2 drive USB. Satu untuk Hiren's BootCD (minimal 1GB) dan satu lagi untuk Remix OS (minimal 2GB).

Langkah 1: Boot dari Hiren's Boot CD, lalu pilih Partition Magic.

Agan bisa menggunakan alat yg serupa, tapi untuk disini saya akan menggunakan Hiren's Boot CD, karena memiliki semua fitur yang saya butuhkan, tidak hanya berguna dengan pengaturan ini.

Download, ekstrak dan bakar .iso file ke CD, atau gunakan Rufus untuk menulis file ke USB Drive dan boot dari itu.

Langkah 2: Jalankan GPartition dan buat Tabel Partisi baru (akan menghapus disk), lalu buat partisi ext4 baru, dengan menggunakan semua ruang yang tersedia. Save / Apply dan Reboot.

Jika Agan masih memiliki partisi lama Agan, Agan cukup menghapus / menghapus semua itu dengan membuat Tabel Partisi baru. Atur jenis ke ms dos dan itu akan menghapus semua partisi drive. Kemudian klik kanan pada area abu-abu yang tidak terisi dan pilih untuk membuat partisi EXT4 baru.
Setelah selesai, aplikasikan dan simpan. Keluar dan matikan PC Agan.
Hidupkan lagi dan beralih ke Remix ISO Installer, lalu ikuti langkah di bawah ini.

Langkah 3: Boot dari Remix OS ISO pada USB atau CD/DVD yang telah agan buat tadi, pilih INSTALL=1

Setelah Menu Grub Boot muncul, tekan e sementara Resident Mode dijalankan. Ini memungkinkan Agan mengedit booting.

Perhatikan bahwa SRC = DATA = CREATE_DATA_IMG = 1 teks?

Ubah ke SRC = DATA = INSTALL = 1 dan tekan tombol ENTER.

Install wizard screen (dengan latar belakang biru) akan muncul, sekarang ikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

Langkah 4: Instalasi - Pilih opsi

Pilih drive target yang Agan siapkan sebelumnya, biasanya sda1 - untuk drive partisi tunggal tanpa disk lain yang terpasang.
Pilih "Jangan Format".
Pilih untuk "menginstal Grub Boot Loader" - jangan terpengaruh oleh tutorial lama dan panduan lainya. Remix OS 3.0 terinstal sempurna tanpa masalah, menggunakan metode ISO.
Tombol ENTER tekan dan instalasi dimulai. setelah selesai instalasi Keluarkan penginstal OS, lalu Reboot.

Remix OS Boot Logo dengan latar belakang hitam akan muncul. Ini akan memakan waktu kira-kira sekitar 15 menit. Setelah itu, Agan akan melihat layar pembuka.

Langkah 5: Boot dan Setup Pertama - akhirnya, seting diperlukan untuk:

  • Memilih bahasa
  • Kesepakatan pengguna
  • Penyiapan WiFi
  • Pemasangan Aplikasi yang disarankan - Agan akan melihat layar ini saat komputer Agan terhubung ke Internet.
  • Aktifkan Google Play ™
  • Selesai!

Catatan: Satu hal lagi yang perlu Agan atur. Saat Agan mencentang Settings > Storage & USB > Portable storage , Agan akan melihat "Corrupted Disk Error". Ini mungkin bug, karena muncul di beberapa tes (VirtualBox, USB, Windows, Single-boot, EXT4 / NTFS).

Peringatan!!! - Agan jangan memilih proses Setup instance karena akan menghancurkan akan mengacaukan partisi Agan.

Yang harus Agan lakukan adalah mematikan fitur "pemasangan otomatis", yang merupakan fitur eksperimental. Lakukan ini, pergi ke ...
Settings > Experimental Features > Enable disk partition mount
... dan OFF kan! Kemudian restart sistem Agan. 

Saya pikir cara ini tidak begitu sulit? bagaimana dengan agan? mudah kan? 


Uninstall atau Remove Remix OS

Saya yakin kebanyakan orang di luar sana akan mengajukan pertanyaan yang sama tentang ini setelah mencoba Remix OS di komputer Windows mereka.

Bagaimana cara uninstall / menghapus OS Remix?

Untuk menghapus Remix OS dari sistem Agan, cukup jalankan file Uninstall RemixOS dari folder C: \ RemixOS \. Ini akan menghapus file dan entri dari Windows Boot Manager.

Kemudian hapus file data.img, beserta folder .disk. Ini akan membebaskan ruang yang dikonsumsi oleh Remix OS.

Reboot PC Agan dan selesai!

Referensi : https://chubbable.com/remix-os-installation

0 Response to "CARA INSTALASI REMIX OS MELALUI USB ATAU HDD SINGLE BOOT"

Post a Comment