CARA CEK KECEPATAN LOADING BLOG ATAU WEBSITE

Hai.... Rekan MediaKu setelah selesai bersantap buka puasa bersama keluarga, sambil nunggu taraweh, eh nemu artikel seru, dan tak ada salahnya mengupasnya lagi disini sekalian belajar (masih Newbe). OK....Kecepatan loading blog atau website menurut saya pribadi merupakan salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan, dengan memiliki blog fast loading tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadikan pengunjung atau visitor lebih nyaman untuk menikmati konten yang ada dalam situs kita. Tentu ini akan sangat baik untuk kesehatan situs yang kita kelola sehingga pengunjung akan membuka banyak artikel dan tidak bosan untuk kembali lagi.

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan blog atau website lemot (lambat), yang perlu anda lakukan adalah meminimalisir beberapa faktor yang menjadikan blog lambat. Saya sendiri lebih banyak eksperimen (percobaan) untuk mendapatkan blog yang fast loading dan ramah terhadap pengunjung. beikut beberapa faktor yang perlu anda perhatikan:
  1. Template (theme) blog atau website, Selama uji coba, template merupakan faktor penting yang tidak boleh di remehkan, untuk mendapatkan theme blogger atau wordpress bukanlah hal yang sulit mulai dari yang Free atau premium. Yang perlu anda perhatikan sebelum memakai template tersebut adalah loading blog, jangan tergiur dengan tampilan yang elegan namun loading sangat lambat.
  2. Terlalu banyak iklan, Monetize blog menjadi pilihan para blogger untuk mendapatkan penghasilan dari internet, tapi jangan sampai memasang iklan terlalu banyak, karena dapat mengganggu pengunjung dan memperlambat loading.
  3. Banyak widget, memasang banyak widget juga dapat mempengaruhi loading blog, usahakan memasang widget yang penting saja.
  4. Hosting Website, jika anda menggunakan blogspot sudah pasti performa hosting dari google tidak diragukan lagi, namun menjadi cerita yang berbeda jika anda menyewa hosting sendiri, salah pilih hosting akan berakibat fatal (mulai dari akses yang lambat bahkan sering down).
Sekarang banyak sekali template yang dibagikan gratis, silahkan pilih dengan fitur seo friendly dan fast loading. Kalau anda memiliki sedikit biaya untuk membeli template silahkan pilih yang premium dengan banyak fitur yang menarik juga fast loading.

Ada beberapa situs yang dapat anda gunakan untuk cek loading blog, dengan bantuan situs ini anda bisa dengan mudah mengetahui loading blog. Berikut situs populer yang biasa digunakan para blogger untuk cek loading pada versi desktop dan versi mobile.

1. Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTmetrik
GTmetrik merupakan tool yang bisa anda gunakan untuk tes kecepatan blog, menganalisa berapa kecepatan akses halaman blog dengan presentase sampai 100%. Anda bisa menggunakan tool ini hanya untuk 20 kali tes saja, jadi sudah lumayan cukup untuk cek kecepatan blog anda.

Cara menggunakan situs GtMetrix :
Langkah 1 :, Kunjungi situsnya terlebih dahulu http://gtmetrix.com/

Langkah 2:, kemudian masukkan URL situs anda pada kolom yang sudah tersedia dan klik tombol “Analyze“

Anda akan melihat berapa persent kecepatan blog, jika loading blog dengan presentase kurang dari 70%, maka bisa dikatakan blog anda lambat. Dengan tool ini anda bisa menganalisa untuk optimasi blog lebih baik lagi.

Berikut presentase loading blog MediaKu dengan platform blogger, hasilnya kurang memuaskan, maklum masih belajar, jadi pengennya tambah-tambah widget terus.... ya akhirnya gini deh :


2. Mengetahui Kecepatan Blog dengan PageSpeed Insights

Cara yang kedua ini menggunakan tool produk dari Google yaitu PageSpeed Insights, tool ini juga mudah untuk digunakan, cukup tulis URL langsung enter dan nanti blog anda akan diteliti untuk mengetahui masalah-masalah yang menghambat loading blog agar tampil lebih maksimal untuk meningkatkan performa blog anda.

Untuk mencobanya silahkan kunjungi URL berikut https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Lalu masukkan URL situs anda pada kolom yang sudah tersedia dan tekan enter atau klik tombol “Analisis/Analyze“.

Sumber : https://penaindigo.com

0 Response to "CARA CEK KECEPATAN LOADING BLOG ATAU WEBSITE"

Post a Comment